Bandung
Titik putih mulai terlihat di kejauhan. Kereta api pun keluar dari
terowongan dan panorama pegunungan saling bersambung pun tersaji dalam
seketika. Gunung-gunung batu pun terlihat satu-dua di kejauhan.
Bandung. | via: tehangatsekali.blogspot.com
Jalur Kereta Api nampak indah dan menakjubkan banyak terdapat di berbagai negara di dunia. Jalur kereta api
di Indonesia juga tidak kalah indahnya. Di mulai pada pertengahan abad
19, Pemerintah Hindia Belanda terlanjur jatuh hati pada kota Bandung
hingga kemudian membangun jalur kereta api Batavia-Parahyangan pada 16
Mei 1884. Berikutnya dari sekadar kota persinggahan kemudian Bandung
jadi kota tujuan wisata bahkan tempat tinggal.
Selama perjalanan agan dari Jakarta menuju Bandung, Anda juga dapat
menikmati pemandangan bangunan tua di Stasiun Transmisi Cikampek,
Stasiun Lemah Abang, Stasiun Cikampek, dan Stasiun Karawang. Bangunan
stasiun tersebut rata-rata dibangun akhir abad ke-19.
Zaman Hindia Belanda, lokasi Lemahabang, Karawang, dan Cikampek pernah
menjadi lokasi perlindungan para pejuang kemerdekaan setelah sebelumnya
direbut dari Hindia Belanda. Saat itu jalur ini digunakan sebagai jalur
angkutan logistik pangan dan perang. Sekarang fungsinya beralih untuk
angkutan batu bara ke sejumlah industri di Karawang, Bekasi, dan
Cikampek.
Pada masa itu jalur Batavia-Bandung menjadi favorit warga Belanda.
Mevrouw, meneer, Noni, dan tuan asal Belanda juga warga Eropa lainnya
sangat menikmati suguhan pemandangan indah dan hawa sejuk yang dilewati
kereta api lokomotif uap C28.
Atraksi paling mengesankan adalah saat kereta melewati jembatan tua yang
dibangun perusahaan kereta api masa Hindia Belanda yaitu Staatspoorweg
Maatschappij (SS). Saat melintasi Purwakarta sampai Padalarang, Anda
dapat memperhatikan 3 jembatan baja di Ciganea, Cisomang, dan Cikubang.
Jembatan Ciganea dan Cisomang memiliki panjang 223 meter setinggi 72
meter. Sementara jembatan Cikubang panjangnya 300 meter, ditunjang empat
pilar baja seberat 122 ton, total berat bajanya adalah 394,5 ton. Anda
pun akan melintasi Sungai Cikubang yang indah.
Semua jembatan tersebut dibangun tenaga ahli Belanda tahun 1869 dan
tetap dipelihara hingga saat ini terutama pada bagian penghubung antara
rangka baja utama.
Pemerintah Hindia Belanda mengoperasikan kereta api Vlugge Vier dengan
kecepatan maksimal 90 km/jam. Kereta ekspres tersebut sungguh elit di
zamannya.
Awalnya jembatan pendukung jalur kereta api yang dibangun pemerintah
Hindia Belanda saat itu mencapai 400 unit. Semuanya dibangun di
sepanjang jalur Jakarta-Bandung, lintas Cikampek dan Sukabumi. Akan
tetapi yang paling menakjubkan untuk Anda lihat ada di tiga tempat yaitu
di Ciganea, Cisomang, dan Cikubang.
Lewati jalur kereta di jembatan tanpa pagar di atas jurang maka akan
merasakan tubuh terasa melayang. Akan tetapi, Anda sebaiknya tidak
membuka pintu jendela, apalagi pintu gerbong karena terpaan angin cukup
kencang di ketinggian tersebut. Cukup amati dari jendela bagaimana
sensasi jantung berdebar dan pemandangan jurang berpadu hamparan sawah
dan sungai.
Kereta api Vlugge Vier adalah cikal bakal kereta api Parahyangan yang
beroperasi sejak awal 1970-an kemudian dilanjutkan KA Argo Gede. Setelah
Tol Cipularang beroperasi, akhirnya perjalanan “Vlugge Vier” pun
tersisihkan.
Satu lagi sensasi yang akan Anda rasakan dalam rute kereta api
Bandung-Jakarta, lintas Cikampek dan Karawang, yaitu melewati Terowongan
Sasaksaat. Terowongan ini berada di antara Purwakarta dan Padalarang
serta merupakan lokasi yang banyak diperbincangkan karena menyimpan
kisah mistis dan misteri masyarakat setempat.
Terowongan Sasaksaat memiliki panjang 950 meter menerobos Bukit Cidepong
dengan dinding cukup tebal hingga konon sulit dihancurkan para pejuang
kemerdekaan saat itu untuk menghentikan logistik tentara Hindia Belanda.
Terowongan Sasaksaat dibangun dengan ketelitian sangat tinggi karena
berada di tanah perbukitan. Saat dibangun tahun 1902 hingga 1904,
terowongan ini telah menelan korban pekerja rodi yang cukup banyak
dimana jenazah mereka dikuburkan di sekitar terowongan tersebut. Karena
itu pulalah penduduk Kampung Cipicung, Desa Sumurbandung, Kabupaten
Bandung sering mengidentikannya dengan nuansa mistis dimana setiap
tanggal 17 Agustus selalu diberi sesajen berupa seekor domba untuk
menolak bala. Saat kereta melintasi desa ini maka Anda pun akan melihat
banyak domba dan kambing berkeliaran di rerumputan.
Tegal
Melanjutkan perjalanan, kereta api pun tiba di Tegal. Lekuk gunung
Slamet terlihat di kejauhan dengan bentangan sawah yang terlihat sejauh
mata memandang.
Tegal. | via: flickr.com
Kalau kamu juga pernah melihat panorama indah di jalur-jalur kereta api di pulau Jawa, langsung tambahkan di kolom komentar aja.
Brebes
Berada di jembatan sepanjang 700 meter dengan sungai kecil yang
terlihat di bawah. Berteman bentangan sawah yang begitu memukau. Kereta
api pun melaju di meninggalkan Brebes.
Purwokerto. | via: d'travelerPurwokerto
Menyeberangi sungai Serayu dengan air yang masih terbilang bersih ini
akan jadi satu pengalaman berbeda saat kereta api menjejak di
Purwokerto. Berteman dengan hijaunya sawah membuat pemandangan kian
bertambah menarik.
Brebes. | via: gembolransel.comMalang
Kota apel ini siap memberikan panorama sawah berundak yang mengapit
jalur keretanya. Di tambah hawa segar khas pegunungan yang menelesak
masuk lewat celah jendela.
WOW Keren nie artikelnya Sambil baca artikel ini, Aku numpang promosi deh !
HANYA DI KENARI POKER BANYAK BONUSNYA BOSSKU Bonus Welcome Untuk New Member: - Bagi deposit Rp.10,000 - Rp.14,999 Bonus Rp.5.000 - Bagi deposit Rp.15,000 - Rp.24,999 Bonus Rp.10.000 - Bagi deposit Rp.25,000 - Rp.49,999 Bonus Rp.15.000 - Bagi deposit Rp.50,000 - Rp.99,999 Bonus Rp.20.000 - Bagi deposit Rp.100,000 ke atas Bonus Rp.25.000 - Bonus next deposit 5% untuk deposit Rp.50.000 REAL PLAYER VS PLAYER !!!
Thanks for info, jangan lupa kunjungi website kami https://bit.ly/2R2T5VN
BalasHapusWOW Keren nie artikelnya
BalasHapusSambil baca artikel ini, Aku numpang promosi deh !
HANYA DI KENARI POKER BANYAK BONUSNYA BOSSKU
Bonus Welcome Untuk New Member:
- Bagi deposit Rp.10,000 - Rp.14,999 Bonus Rp.5.000
- Bagi deposit Rp.15,000 - Rp.24,999 Bonus Rp.10.000
- Bagi deposit Rp.25,000 - Rp.49,999 Bonus Rp.15.000
- Bagi deposit Rp.50,000 - Rp.99,999 Bonus Rp.20.000
- Bagi deposit Rp.100,000 ke atas Bonus Rp.25.000
- Bonus next deposit 5% untuk deposit Rp.50.000
REAL PLAYER VS PLAYER !!!