Lokomotif CC 202
![]() |
CC 202 21 |
Lokomotif CC 202 adalah lokomotif buatan Electro Motive Diesel, Inc. Kanada.
Lokomotif CC
202 digunakan untuk menarik kereta api barang seperti batu
bara dan pulp. Lokomotif ini juga digunakan untuk menarik kereta api
penumpang. Lokomotif ini hanya terdapat di Sumatera Selatan. Lokomotif
ini berjumlah 48 unit dan berada di Dipo Lokomotif Tanjung Karang.
Mesin
CC 202 adalah EMD 16-645E dengan 16 silinder yang dilengkapi
supercharger. Lokomotif ini adalah satu-satunya yang memiliki mesin V16
di Indonesia. Mesin EMD seri 645 adalah mesin terhandal yang pernah
dibuat oleh EMD.
Daftar alokasi lokomotif CC 202.
Dipo induk lokomotif | Nomor Lokomotif |
---|---|
Tanjung Karang (TNK) | CC202 01 (CC202 86 01) - CC202 15 (CC202 86 15) |
CC202 17 (CC202 90 02) - CC202 30 (CC202 90 15) | |
CC202 31 (CC202 95 01) - CC202 33 (CC202 95 03) | |
CC202 34 (CC202 01 01) - CC202 37 (CC202 01 04) | |
CC202 38 (CC202 02 01) - CC202 39 (CC202 02 02) | |
CC202 40 (CC202 08 01) - CC202 48 (CC202 08 09) |
Data teknis CC 202 (EMD G26MC) :
Pabrik pembuat : Electro Motive Diesel
Tahun pembuatan : 1986-2009
Tahun pembuatan : 1986-2009
Body lokomotif : Steel
Panjang body : 17.678 mm
Lebar body : 2.740 mm
Tinggi : 3.686 mm
Berat : 108 Ton
Jarak gardan : 3.632 mm
Jarak antar pivot : 11.404 mm
Kecepatan max : 80 km/h
Kompresor : Gardner Denver WBO
Tipe mesin : GM-EMD 645 E 16V
Jenis mesin : 2 langkah, Supercharger
Daya mesin : 2250 hp
Jenis motor traksi : D-29 (DC-DC)
Daya Motor : 375 hp
Transmisi : Elektrik
Gear ratio : 63:14
Generator : AR6 QAD (AC-DC)
Bogie : HT-C Bogie
Kapasitas HSD : 3800 L
Minyak pelumas : 920 L
Air pendingin : 832 L
Pasir : 340 L
Sistem rem : Rem udara tekan
Sistem keselamatan : -
Jenis persambungan : Automatic coupler AAR No.10A Contour
Lebar track : 1067 mm
Tidak ada komentar:
Posting Komentar