Jumat, 06 Mei 2016

mulia nya seorang masinis

Tugas dan Dedikasi Seorang Masinis



Halo selamat pagi sobat seklaian, terimakasih masih setia mengunjungi blog kami ini. Untuk tulisan kali ini kami akan membahas sosok yang bertugas untuk enjalankan rangkaian kereta api yang biasa kita kenal dengan sebutan masinis. Kata masinis sendiri merupakan kata yang diambil dari bahasa Belanda yang berbunyi machinist yang artinya adalah juru mesin.
masinis yang sedang bertugas di dalam kabin lokomotif
(sumber foto: www.dishub.go.id)

Hal ini dikarenakan, pada masa awal perkerta apian dunia, juru mesinlah yang bertugas untuk menjalankan rangkaian lokomotif. Pada masa-masa awal, belum ada kereta api seperti yang ada sekarng ini, kereta dengan menggunakan mesin diesel ataupun listrik. Yang ada hanyalah lokomotif uap dimana tugas dari masinis adalah mengatur suhu tungku, menjaga api, serta mengisi air dll. Dengan perkembangan tekhnologi perkereta apian, tugas masinis tidaklah seberat seperti masa awal perkereta apian. Dengan ditemukannya tekhnologi diesel dan listrik, maka tugas masinispun hanya sebatas tanggung jawab menjaga keselamatan penumpang dan rangkaian kereta api. Hal ni berkaitan langsung dalam perngoprasian kereta api seperti, menjalankannya, mengerem, berhenti, berjalan perlahan, mematuhi rambu-rambu/semboyan kereta api. 


PPKA dan Masinis, laporan jadual kedatangan kereta
(sumber foto: ardiantara.wordpress)

Nah, untuk menjadi seorang masinis itu tidaklah yang semudah kita bayangkan sobat. Karena untuk mengemban tugas dan posisi yang stategis (berkaitan langsung dengan aset perusahaan dan juga keselamatan jiwa para penumpang) maka ada beberapa tahapan dan seleksi yang dilakukan oleh PT KAI. Biasanya seorang yang telah dinyatakan lulus sebagai masinis tidaklah langsung diperbolehkan menjadi masinis itu sendiri, tapi harus masih menjadi asisten masinis. Pendidikan masinis dilaksanakan oleh PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) di Balai Pelatihan Teknik Traksi (BPTT) di Jalan Dr Wahidin Sudiro Husodo Yogyakarta. Kurikulum pendidikan masinis mencakup: Dasar Kewiraan, Kursus Pra Jabatan, Pengenalan lapangan, Pendidikan dan pelatihan teknis fungsional serta praktik lapangan dan proses magang. 
 Masinis dan asisten masinis sedang bekerja di kabin lokomotif
(sumber foto: www.shnews.com)
Kalau dari cerita teman saya mas Angga Dwi, ternyata masinis juga mendapat pendidikan disiplin ala militer selama satu minggu di Magelang lho sobat. Dalam menjalankan tugasnya, masinis hanya diperbolehkan membawa rangkaian kereta api selama empat jam. Hal ini dikarenakan untuk menjaga daya tahan dan konsentrasi dari masinis itu sendiri (bisa dibayangkan kalau harus membawa dari Jakarta ke Surabaya nonstop). Untuk mengurangi resiko kecelakaan dan human eror, maka setiap empat jam sekali masinis wajib berganti giliran di stasiun yang sudah ditentukan. 
 Seorang masinis sedang membaca berita acara perjalanan kereta api
(submer foto:www.kereta-api.co.id)
Saat masinis satu turun dari kabin lokomotif, maka posisinya akan digantikan oleh masinis lain dari daerah oprasi wilayah tersebut, menuju daerah oprasi selanjutnya. Nah, untuk masinis yang turun tadi, dia akan ,menunggu kereta api selanjutnya ke arah balik stasiun awal masinis tadi berangkat membawa rangkaian kereta api. Dan seperti itulah seterusnya sobat, jadi hanya empat jam kerja saja. Tapi empat jam itu akan terasa berat karena tanggung jawab yang ada dipundak para masinis itu sendiri.
Salah satu integritas yang tinggi sebagai masinis telah ditunjukkan oleh para kru Commuter line yang mengalami kecelakaan di Bintari akhir tahun 2013 lalu. Bagaimana tidak, dengan tanggung jawab yang tinggi mereka tetap berada di kabin masinis untuk menahan laju kereta dan menyuruh para penumpang yang ada di gerbong satu untuk mundur hingga ke gerbong ketiga (saya selalu terharu membaca cerita dan dedikasi mereka sebagai masinis). Bagaimanapun juga, kami selalu berharap agar kereta api Indonesia selalu menjadi baik dari hari ke hari---Jaya Selalu Kereta Api Indonesia----

2 komentar:

  1. WOW Keren nie artikelnya
    Sambil baca artikel ini, Aku numpang promosi deh !

    HANYA DI KENARI POKER BANYAK BONUSNYA BOSSKU
    Bonus Welcome Untuk New Member:
    - Bagi deposit Rp.10,000 - Rp.14,999 Bonus Rp.5.000
    - Bagi deposit Rp.15,000 - Rp.24,999 Bonus Rp.10.000
    - Bagi deposit Rp.25,000 - Rp.49,999 Bonus Rp.15.000
    - Bagi deposit Rp.50,000 - Rp.99,999 Bonus Rp.20.000
    - Bagi deposit Rp.100,000 ke atas Bonus Rp.25.000
    - Bonus next deposit 5% untuk deposit Rp.50.000
    REAL PLAYER VS PLAYER !!!

    BalasHapus
  2. Gambling 101: How to make money from gambling in Vegas
    How 속초 출장샵 to make money 창원 출장샵 gambling in Vegas. Las Vegas casino gambling is 안성 출장안마 all about luck and excitement, not 의왕 출장마사지 money. That's why there's no 남양주 출장샵 more

    BalasHapus