Tugas dan Dedikasi Seorang Masinis
Halo selamat
pagi sobat seklaian, terimakasih masih setia mengunjungi blog kami ini. Untuk
tulisan kali ini kami akan membahas sosok yang bertugas untuk enjalankan
rangkaian kereta api yang biasa kita kenal dengan sebutan masinis. Kata masinis
sendiri merupakan kata yang diambil dari bahasa Belanda yang berbunyi machinist
yang artinya adalah juru mesin.
masinis yang sedang bertugas di dalam kabin lokomotif
(sumber foto: www.dishub.go.id)
Hal ini
dikarenakan, pada masa awal perkerta apian dunia, juru mesinlah yang bertugas
untuk menjalankan rangkaian lokomotif. Pada masa-masa awal, belum ada kereta
api seperti yang ada sekarng ini, kereta dengan menggunakan mesin diesel
ataupun listrik. Yang ada hanyalah lokomotif uap dimana tugas dari masinis
adalah mengatur suhu tungku, menjaga api, serta mengisi air dll. Dengan
perkembangan tekhnologi perkereta apian, tugas masinis tidaklah seberat seperti
masa awal perkereta apian. Dengan ditemukannya tekhnologi diesel dan listrik,
maka tugas masinispun hanya sebatas tanggung jawab menjaga keselamatan
penumpang dan rangkaian kereta api. Hal ni berkaitan langsung dalam
perngoprasian kereta api seperti, menjalankannya, mengerem, berhenti, berjalan
perlahan, mematuhi rambu-rambu/semboyan kereta api.
PPKA dan Masinis, laporan jadual kedatangan kereta
(sumber foto: ardiantara.wordpress)
Nah, untuk
menjadi seorang masinis itu tidaklah yang semudah kita bayangkan sobat. Karena
untuk mengemban tugas dan posisi yang stategis (berkaitan langsung dengan aset
perusahaan dan juga keselamatan jiwa para penumpang) maka ada beberapa tahapan
dan seleksi yang dilakukan oleh PT KAI. Biasanya
seorang yang telah dinyatakan lulus sebagai masinis tidaklah langsung
diperbolehkan menjadi masinis itu sendiri, tapi harus masih menjadi asisten
masinis. Pendidikan masinis dilaksanakan oleh PT Kereta Api Indonesia (PT KAI)
di Balai Pelatihan Teknik Traksi (BPTT) di Jalan Dr Wahidin Sudiro Husodo
Yogyakarta. Kurikulum pendidikan masinis mencakup: Dasar Kewiraan, Kursus Pra Jabatan,
Pengenalan lapangan, Pendidikan dan pelatihan teknis fungsional serta praktik
lapangan dan proses magang.
Masinis dan asisten masinis sedang bekerja di kabin lokomotif
(sumber foto: www.shnews.com)
Kalau dari
cerita teman saya mas Angga Dwi, ternyata masinis juga mendapat pendidikan
disiplin ala militer selama satu minggu di Magelang lho sobat. Dalam
menjalankan tugasnya, masinis hanya diperbolehkan membawa rangkaian kereta api
selama empat jam. Hal ini dikarenakan untuk menjaga daya tahan dan konsentrasi
dari masinis itu sendiri (bisa dibayangkan kalau harus membawa dari Jakarta ke
Surabaya nonstop). Untuk mengurangi resiko kecelakaan dan human eror, maka
setiap empat jam sekali masinis wajib berganti giliran di stasiun yang sudah
ditentukan.
Seorang masinis sedang membaca berita acara perjalanan kereta api
(submer foto:www.kereta-api.co.id)
Saat masinis
satu turun dari kabin lokomotif, maka posisinya akan digantikan oleh masinis
lain dari daerah oprasi wilayah tersebut, menuju daerah oprasi selanjutnya.
Nah, untuk masinis yang turun tadi, dia akan ,menunggu kereta api selanjutnya
ke arah balik stasiun awal masinis tadi berangkat membawa rangkaian kereta api.
Dan seperti itulah seterusnya sobat, jadi hanya empat jam kerja saja. Tapi
empat jam itu akan terasa berat karena tanggung jawab yang ada dipundak para
masinis itu sendiri.
Salah satu
integritas yang tinggi sebagai masinis telah ditunjukkan oleh para kru Commuter
line yang mengalami kecelakaan di Bintari akhir tahun 2013 lalu. Bagaimana
tidak, dengan tanggung jawab yang tinggi mereka tetap berada di kabin masinis
untuk menahan laju kereta dan menyuruh para penumpang yang ada di gerbong satu
untuk mundur hingga ke gerbong ketiga (saya selalu terharu membaca cerita dan
dedikasi mereka sebagai masinis). Bagaimanapun juga, kami selalu berharap agar
kereta api Indonesia selalu menjadi baik dari hari ke hari---Jaya Selalu Kereta
Api Indonesia----
WOW Keren nie artikelnya
BalasHapusSambil baca artikel ini, Aku numpang promosi deh !
HANYA DI KENARI POKER BANYAK BONUSNYA BOSSKU
Bonus Welcome Untuk New Member:
- Bagi deposit Rp.10,000 - Rp.14,999 Bonus Rp.5.000
- Bagi deposit Rp.15,000 - Rp.24,999 Bonus Rp.10.000
- Bagi deposit Rp.25,000 - Rp.49,999 Bonus Rp.15.000
- Bagi deposit Rp.50,000 - Rp.99,999 Bonus Rp.20.000
- Bagi deposit Rp.100,000 ke atas Bonus Rp.25.000
- Bonus next deposit 5% untuk deposit Rp.50.000
REAL PLAYER VS PLAYER !!!
Gambling 101: How to make money from gambling in Vegas
BalasHapusHow 속초 출장샵 to make money 창원 출장샵 gambling in Vegas. Las Vegas casino gambling is 안성 출장안마 all about luck and excitement, not 의왕 출장마사지 money. That's why there's no 남양주 출장샵 more